Countdown: 10 Japanese Band Terbaik (Versi Saya)



Saya suka musik Jepang, bermula dari kesenangan saya menyaksikan anime sedari kecil. Yah, waktu itu ayah saya jauh di Malaysia, Ibu mesti menjaga toko, kakak laki-laki saya yang paling dekat (usia kami 'hanya' terpaut lima tahun) bermain dengan teman-teman sebayanya, keluarga besar saya ada di Pulau Jawa, kakak pertama saya tinggal di lingkungan perusahaannya, dan yang tersisa, praktis, hanya saya seorang diri. Jika Ibu sedang tak mengizinkan saya bermain di luar, saya biasanya menyalakan televisi dan mencari tontonan anak-anak. Dulu, saya ingat betul, tayangan kartun anak-anak masih banyak diputar, tak seperti sekarang.




Karenanya, saya tumbuh menjadi gadis yang tak hanya menyukai kartun, tetapi juga memiliki minat yang besar akan kebudayaan dan musik negara matahari terbit itu. Beruntungnya, untuk mengurangi kecondongan saya terhadap negara bekas penjajah ini, ayah dan ibu juga mengenalkan saya pada budaya Jawa yang, selanjutnya, lebih saya gandrungi. Inspite of the fact that Indonesia, once, had been colonized by Japan, namun harus akui bahwa Jepang itu unik. Yah, meski, sayangnya, Jepang sekarang dikenal dengan negara yang aneh (maraknya benda dan temuan tak lazim, fenomena stalker, pedophile yang dilegalkan, adult video, dan semacamnya) saya tak dapat menahan diri untuk menyukai budaya, sastra, landscape, teknologi, dan keuletan penduduknya---termasuk, aliran musiknya.

Sekarang boleh saja yang sedang tenar-tenarnya dari Jepang adalah boyband dan girlband (persis seperti apa yang menimpa Korea Selatan, hanya saja kadar cutesy pada boyband dan girlband Jepang terlalu meruah dan tak jarang membuat saya merasa tidak nyaman) semacam AKB48 (apalagi semenjak Indonesia turut menelurkan sisternya, yaitu JKT48), Hey Say Jump, Morning Musume, dan semacamnya, saya tak akan pernah lupa masa-masa kejayaan Japanese-Rock, Visual Kei, plus band-band legendaris di baliknya. Well, tak usah Japanese Rock dulu yang kita ungkit, bandingkan saja Japanese Pop yang dulu ketimbang sekarang. Utada Hikaru, Ayumi Hamasaki, sampai Masaharu Fukuyama, dan musisi-musisi lain yang dulu namanya tersohor sampai ke benua luar, kini tergantikan oleh boyband dan girlband yang, kalau boleh saya katakan dengan jujur, 'agak tidak ada apa-apanya' jika dibandingkan dengan kepunyaan Korea Selatan. Di sini, saya bukanlah bias dari K-Pop, saya mengatakan demikian dari sudut pandang seorang pengamat awam yang bahkan tidak terlalu tertarik dengan fenomena boyband dan girlband yang baru-baru ini tengah naik daun!

Tanpa banyak kata lagi, berikut hitung mundur dari band-band asal Jepang terbaik menurut saya. Let's cekidot, mas bro!

10. Alüto



Saya tidak tahu apakah Aluto dapat disebut sebagai band atau tidak, yang jelas, di wikipedia, disebutkan bahwa duo dari Daigo Fujita dan Honoka Satou ini merupakan band beraliran Japanese-Rock, walau aslinya lagu-lagu mereka terkesan lembut dan melankolis. Yang pasti, saya sudah jatuh cinta dengan band ini semenjak mendengar lagu Michi - To You All yang merupakan salah satu soundtrack anime Naruto. Lagu lain yang worth a listen dari duo ini adalah Utautai no Ballad, Kaze To Tada Mae Wo Mita, dan Ai Ni te Furete.


9. Janne Da Arc



Merupakan band beraliran Visual Kei yang berasal dari Hirakata, Osaka. Yang membuat saya suka dengan Janne Da Arc adalah, tentunya, vocal dari Yasunori Hayashi yang kekanak-kanakan dan agak cempreng, tak seperti vocalis Visual Kei kebanyakan, juga dentuman drum Shuji Suematsu yang selalu menambah nyawa di setiap karya mereka. Lagu dari Janne Da Arc yang paling saya sukai sejauh ini adalah Wild Fang, Gekkouka (f-yeah! this one is so addicting!), Mobius, dan Dolls.


8. Nightmare



Yang pernah mengikuti anime Death Note---sebentar, biarkan saya menjerit... Death Noteee! L-kuuun! Raito-kun! Kyaaa!
..........
Oke, bagi yang pernah mengikuti anime Death Note pasti kenal dengan band rock beraliran Visual Kei ini. Yup, Nightmare (Naitomea dalam pelafalan Jepang) berperan menyemarakkan, atau tepatnya membuat suasana di anime Death Note semakin mencekam, lewat lagu mereka yang berjudul The World dan Alumina. Kali itu saya pertama mengenal band satu ini, dan harus saya akui bahwa lagu-lagu mereka keren dan beraura gelap, salah satu poin plus yang menyebabkan mereka pas banget mengisi soundtrack anime semacam Death note. Lagu lain yang pantas didengar dari band ini adalah Raison D'Etre (kyaaa, suara Yomi-san di sini seksi betul) dan Nothing You Lose.


7. Ikimono Gakari



Tak asing dengan lirik lagu ini?

Habata itara modoranai to ittte
Mezashita no wa
aoi aoi ano sora


Benar, lirik di atas dapat dijumpai pada lagu Bluebirds milik Ikimono Gakari yang tak lain juga dijadikan soundtrack anime Naruto (dan merupakan salah satu soundtrack yang paling terkenal). Ikimono Gakari terbilang unik lewat perpaduan vocal Kiyoe Yoshioka yang powerful namun masih feminin, disandingkan dengan gitar dan harmonika. Mungkin karena kami (saya dan Kiyoe Yoshioka) memiliki tipikal suara yang sama (aih~) maka saya senang mencomot lagu-lagu Ikimono Gakari untuk ditampilkan. Lagu mereka yang powerful selain Bluebirds adalah Hanabi dan Nokori Kaze. Sementara, jika menginginkan lagu yang agak melankolis dari band satu ini, silakan dengar Sakura dan Akane Iro No Yokusoku.


6. No Regret Life




Jujur, suara Kazusou Oda, vocalis No Regret Life, di single Nakushita Kotoba itu menyayat hati banget. Saya pertama mendengar lagu Nakushita Kotoba di masa SMP (berkat lagu ini, saya mengenal No Regret Life), dan hampir tak dapat membedakan suara Kazusou Oda dengan Masafumi Gotoh dari band Asian Kungfu Generation. Lama kelamaan saya paham bahwa Kazusou Oda bersuara lebih berat dan lebih serak ketimbang Masafumi-san, plus musik yang dibawakan No Regret Life agak lebih tidak cadas jika dibandingkan dengan Ajikan. Lagu yang paling fenomenal dari band ini, bagi saya, tentu saja Nakushita Kotoba, yang sekaligus merupakan soundtrack Naruto kesukaan saya, satu peringkat di atas Haruka Kanata yang melegendaris milik Ajikan (meski pada akhirnya, No Regret Life juga memiliki lagu berjudul Haruka Kanata yang dirilis pada tahun 2008. I, myself, prefer the 'old' Haruka Kanata by Ajikan, though). Lagu lainnya yang saya promosikan adalah Only Lonely yang berlirik full English, namun pelafalan Kazusou Ouda agak... imut di lagu ini, khas Engrish-nya orang Jepang. Oh, iya, Last Smile, Melody, dan Stranger, juga worth a listen.


5. Alice Nine




Band Japanese Rock mana yang vocalisnya berwajah paling mirip perempuan? Alice Nine jawabnya (menurut saya, lho). Tapi memang benar, band beraliran Visual Kei ini memiliki vocalis yang 'cantik'. Adalah Shou, vocalis bermata bulat dan bertubuh kurus yang memiliki suara melengking itu. Gerak-geriknya pun adorable, benar-benar mirip gadis remaja. Tapi jangan ditanya, suaranya laki sekali (meski masih dalam taraf penyanyi Visual Kei). Hahaha, sejujurnya, dari sepuluh list yang saya tuliskan ini, Alice Nine adalah favorit saya yang paling utama. Namun harus saya akui bahwa masih ada band asal negeri sakura yang lebih hebat ketimbang mereka. Single mereka yang pertama saya dengarkan adalah Ruri no Ame, sebuah lagu melankolis yang dipadu-padankan secara apik lewat permainan musik Alice Nine. Saya semakin jatuh cinta dengan Alice Nine setelah mendengarkan Kousai, satu karya mereka yang entah kenapa malah underrated, padahal emosi Shou di lagu ini mengalir dengan tepat, dan iringan musiknya juga masterpiece. Apalagi jika tahu arti liriknya, wush... Lagu lainnya yang patut dicoba adalah Fantasy, Gradation, dan Yami No Chiru Sakura (saya sudah kayak promosi rumah makan saja, wkwkwk).


4. The Gazette




Saya bingung mau mendahulukan Ajikan atau kah The Gazette, tapi rasanya The Gazette meski mengalah dan menetap di posisi empat. The Gazette merupakan band beraliran Visual Kei yang dibentuk pada tahun 2002, beranggotakan Ruki sebagai vokalis, Aoi dan Uruha sebagai gitaris, Reisa sebagai bassist, dan Kai sebagai drummer. The Gazette termasuk dalam salah satu band Visual Kei yang paling dikenal, tersohor sampai penjuru dunia (bahasanyaaaa), dan beberapa kali menerima awards atas kemampuan musik mereka yang menyebabkan decak kagum. Karya mereka yang paling saya rekomendasikan adalah Filth in Beauty yang mengandung sepercik kombinasi antara rock dan R&B. Di samping itu, ada juga Cassis (yang menurut saya merupakan karya mereka yang paling brilian), Pledge, Shiver, dan Regret.


Daaan, jreng, jreng, jreng, bersiap memasuki top three!




Here we go!



3. Asian Kungfu Generation





Masafumi Gotoh, tak pelak, merupakan pemilik suara yang terbilang sangat cadas di kalangan musisi japanese-rock. Ajikan memang dielu-elukan karena kemampuan musik mereka yang patut diacungi jempol dan vocal meledak-ledak khas Masafumi Gotoh. To tell you the truth, lagu Haruka Kanata yang melegendaris itu tak luput juga dari koleksi saya semasa SMP. Bahkan kawan-kawan saya yang aslinya tak menyukai musik Jepang pun mengakui bahwa lagu itu gila. Yang membuat saya terpikat pada lagu itu awalnya adalah permainan bass Takahiro Yamada, dilanjut oleh dentuman drum Kiyoshi Ijichi, yang kemudian ditimpal dengan genjrengan gitar Kensuke Kita dan vocal powerful Masafumi Gotoh (ps: Masafumi Gotoh juga bermain gitar, namun gitaris utamanya tetap dipegang oleh Kensuke Kita). Dari sini, Asian Kungfu Generation sudah berhasil menarik perhatian saya, hingga saya mengoleksi lagu-lagu mereka yang lain, bahkan sampai beralbum-album. Favorit saya adalah Haruka Kanata, tentu saja, Kakuu Seibutsu No Blues, Kimi no Machi De, Sono Wake Wo, dan Korogaru Iwa, Kimi ni Asa ga Furu.


2. Versailles




Band nyentrik beraliran Visual Kei satu ini beranggotakan murni laki-laki, lho. Dikarenakan Hizaki-san (gaun merah di foto) sering mengenakan gaun perempuan dan dandanan ala gothic Lolita, bahkan saat di atas panggung, banyak yang mengira bahwa dia adalah seorang perempuan, LOL. Versailles terkenal akan penampilan mereka yang terinspirasi oleh zaman Barok (Rokoko/ Rococo) dan menjadikan hal itu sebagai salah satu ciri khas mereka. Band yang terbentuk pada tahun 2007 ini tanpa dinyana langsung meraih kesuksesan besar dalam waktu singkat. Pada tahun 2009, bassist Versailles, Jasmine You, meninggal dunia (later, ia digantikan oleh Masashi) namun anggota band Versailles yang lain sepakat menyebutnya sebagai member abadi (at this rate, saya nulis sambil menitikkan dua tetes air mata). Karya terbaik Versailles menurut saya adalah Masquerade, Prince, Princess (yup, mereka membuat satu lagu berjudul Prince dan satu lagu berjudul Princess), Serenade, dan pastinya, The Revenant Choir.


DAAAAAN, rangking satu ditempati oleeeeh....


Jreng, jreng, jreng!



1. X-Japan



Apalagi yang perlu saya katakan soal band fenomenal yang lahir di tahun 1982 ini? Art of Life (simply awesome, salah satu lagu paling brilian yang pernah saya temukan), Endless Rain (berada di luar mainstream musik X-Japan, merupakan lagu akustik lembut tanpa vokal), Tears, Forever Love, X, Silent Jealousy, Jade, Kurenai, Dahlia, Longing - Togireta Melody, dan lagu-lagu mereka yang lain, you name it. Jadi saya rasa memang pantas jika X-Japan berada di peringkat pertama. Hands down!


Bonus: Band berbakat asal Jepang lain yang tak sempat saya masukkan ke dalam list di atas.

Luna Sea




Dir en Grey




Orange Range




Abingdon Boys School




UVERworld




Aqua Timez





Note : Sekali lagi, semua kembali kepada selera musik masing-masing, maaf jika ada perbedaan di berbagai titik.



Yogyakarta, 2012


Comments
78 Responses to “Countdown: 10 Japanese Band Terbaik (Versi Saya)”
  1. -el- says:

    kalo sayaa larukuuuu X)
    dozo yoroshiku, anw. ^^

  2. Unknown says:

    Heii~ Saya tegaskan bahwa AKB48 itu bukan GirlBand!!, mereka tu Grup Idol..
    Ingat!! Jangan sama kan GirlBand dengan Grup Idol..

  3. Anonymous says:

    gan L'Arc en ciel gak masuk

  4. Unknown says:

    el & anon: Laruku memang Bagus, saya akui, tapi I'm not into their music. Jadi berhubung ini Countdown japanese-band terkeren "versi saya" (ingat, ini murni bias-ed), maka tidak saya cantumkan :)

    Kennedy Maeda: oke, terimakasih koreksinya :)

  5. Totalfat juga bagus gan
    Coba dengerin ja laguny yang All for you Atau Good Fight & Promise You
    keren dah
    Cuman Share ja

  6. Mau nanya' nih..
    Kira - kira ada gak ya band jepang yang aliran musiknya Art Rock kayak Geisha gitu, kalo ada kasih tau dong ^^

  7. Unknown says:

    @ Mega Arianto : Yup, Toltafat memang musiknya keren dan kemampuannya juga terbilang di atas rata-rata, tapi terlalu cadas untuk selera saya, hehe, saya suka yang sedikit lebih lembut ^^

    @ Zechary : Saya belum pernah nemu band Jepang yang beraliran benar-benar art-rock, mungkin Versailes bisa dibilang termasuk meski saya kurang menjamin. Kalau band art-rock luar, saya sarankan The Moody Blues, Wild Beast, The Silent Comedy, Radiohead (iya, mereka juga sempat menganut aliran art-rock), Muse dan Queen di awal-awal, sama The Velvet Underground :D

  8. Unknown says:

    that's good , ^^arigato

  9. Unknown says:

    Sebagai mbahnya visual kei x-japanlah yg pantes d urutan pertamax.
    buat alice nine meskipun lagu-lagunya keren tetep aja gk pantes masuk list, saran saya tukeran aja ama Diru, secara lagu-lagunya Diru gk stagnan di satu titik trus mereka jg dikategorikan band senior pesaing Luna Sea.

    Wajib di masukin nih......
    - d'espairay
    - deluhi
    - malice mizer
    - 9goats blackout
    - Nega
    yup, meskipun band2 diatas udh lama disband tetapi musikalitasnya itu berpengaruh buat generasi band vkei skrng yg terkesan kacangan.
    Harusnya band2 vkei baru mencontohi mereka biar lagu2nya gk memalukan kaya skrng


  10. Unknown says:

    saya suka musik jepang

  11. Unknown says:

    min suka bgt ni ma artikel...
    aku x-japan bgt min..
    mksih udah nempatin x-japn jdi yg terbaik...
    emg x-japan pantas mendapatkan itu...
    soalnya sejarah dan prestasi atus lagu-lagu yg dibawakan mereka itu cucokkk abiss min...
    lagu favorit kurenai,longing,endless rain,forever love,rusty nail dll min
    sekali lagi thx min..
    arigatou ....

  12. kirigaya kazuto says:

    asian kung fu generation (*****/*****) ada refree nda untuk band2 serupa? ini aliran nya apa ya ???
    tq

  13. Unknown says:

    Wahh...aneh jga y nma laruku g d sebut...
    Stuju bgt klo alice maduk d list...lgu mereka easyy listening g trlalu brisik...suara shou jga pnya ciri khas..sid jga bgus kok sist..thx wat artkel.a

  14. Anonymous says:

    stereopony..

  15. metall says:

    untuk x-japan ok lah d urutan pertama..
    karna ane rasa emang pantas..
    tp kok judy and mary ga di masukin mbak..??
    padahal judy and mary pantas d urutan ke2 ketimbang Versailles (menurut versi saya) :P
    atau mbak blm denger bandnya..??
    klo emng mbak pecinta anime and musik2 jepang pasti tau dong opening samurai X judulnya "sobakasu" dari judy and mary

  16. metall says:

    oh satu lagi mbak..
    D.M.C detroit metal city..
    wkwkwkwkwkwkwk.................!!!

  17. Unknown says:

    @ Metal : Saya tau kok Judy and Mary, dan jujur saya menikmati lagu mereka yang berjudul Kyoto, Pop Life, Sobakasu, Blue Tears, dll, tapi karena list ini sangat biased dan berdasarkan selera saya, sayang sekali Judy and Mary tidak saya masukkan ^^

  18. Unknown says:

    @ Sakuran Scream : Saya memang nggak begitu jauh mengenal band beraliran visual Kei, jadi terimakasih atas masukan band-bandnya, akan saya coba dengarkan segera :)

    @ Monalisa Aliya : Seperti yang sudah saya katakan, Laruku memang legend dan kemampuan mereka pun mesti diakui, tapi saya tidak condong ke gaya bermusik mereka ^^

  19. Kaito says:

    Kiryu,Vistlip sama ACid black cherry mana...?

  20. Unknown says:

    ONE OK ROCK,Joe Inoue And Hi Standart Juga Keren,,,,,,

  21. Unknown says:

    +++ Dazzle Vision Juga,,,

  22. Anonymous says:

    "yoshiki hayashi and toshimitsu deyama " is the best ...

  23. Unknown says:

    sebenanya aku fans berat lagu amerika kayag LINKIN PARK
    tp gue suka juga sama band band jepang beka nonton fil crow zero

  24. Bayu Dewa says:

    Band jepang favorit saya sih Aqua Timez ......
    Hontouni Sugoi !!

  25. Anonymous says:

    wah seleranya sama yah xD

  26. La romeo says:

    Bagus,ternyata selera kita sama saya juga suka lagu The Gazette yang judulnya Filth in the beauty,Cassis,Regret,shiver,pledge semua memeng enak didengar tapi masalahnya,yang dino.1 kok bukan L'Arc~en~Ciel malah X-Japan?ada apakah gerangan?

  27. Anonymous says:

    wow ada ternyata ada juga yg suka versailles >.<
    kirain saya cuma sendiri
    BTW kenapa versailles di urutan ke 2 >.<
    ane setuju harus na alice nine ganti ma laruku ane emg suka alice nine apalagi ma naoyuki (the one of inspiration of my life) nya cuma kalo berdasarkan musikalitas mereka kalah ma laruku
    tp nice deh
    coba masukin Galneryus recomend nya lagu destiny pasti

  28. Unknown says:

    suara terkeren tetep punya Nana mizuki....

  29. Anonymous says:

    Flumpool g masuk tuh...lagu2nya nancep bgt loh,
    Boleh diadu...silahkan dites

  30. Unknown says:

    XtripX kog nggak di singgung-singgung,,,....?????

  31. Anonymous says:

    selama gw berkecimpung di dunia music jepang..se objectifnya seseorang dlm menilai music jepang, laruku itu mesti masuk itungan....

    dinilai dari musikalitas dan karya2nya, band2 macem ikimono / orange range mah jauh bumi langit klo ama laruku

    coba simak dengan seksama album2 awal laruku deh, DUNE, Heavenly, Tierra... ini band legend jepang lho, setara ama x japan klo gw blg mah..

    penuklisnya sensi ama laruku kali ya?? XD

  32. sist ane mau tanya ko suara ruki the GazettE beda yah d lagu Before I decay ?
    Bukannya suara ruki agak tinggi cempreng gtu, ko d lagu itu pake ground -_-

  33. Anonymous says:

    wah harusnya Dir en Grey nomor satu mereka paling unik daripada yg lain

  34. lululk says:

    pasti blom pd tau ama maximum the hormone... hihihi

  35. jack says:

    penulisnya lebih mengandalkan ke felling lagu yg dia rasain dijaman sekarang jadi wajar klo laruku gx masuk....

  36. Anonymous says:

    Harus nya laruku urutan pertama, band legend gitu ko ga dmasukin.. mlah msukin band2 yg musikalitasnya jauh dbwh laruku.. dan lebih keren juga punk-en-ciel..mskipun org2nya sma..tpi mreka brtukr alt musik .kAn ga smua bsa gitu.. :D

  37. Anonymous says:

    L'arc en Ciel kok nggk masuk suara hyde kan keren banget

  38. Unknown says:

    kenapa The Gazette gk peringkat pertama

  39. Handyc says:

    That's Right..
    X Japan is the best VISUAL KEI band...

  40. Mana Fear and Loathing in Las Vegas nya..
    kok kagak di ikutin -_-

  41. no 1 X-Japan, no 2 L'Arc en Ciel

  42. Unknown says:

    Secara L'Arc-en-Ciel tuh sdh lbh mendunia !!! Sngat pntas di urutan pertma/kedua.mlah gk sma sekali hadeeh :(

  43. Unknown says:

    band rock nya jepang,LOUDNESS gak masuk?.....wah parah banget pemilihannya,hahahahaha....

  44. fripsside mana gan kok' gak masuk enak tu lagu lagunya LOLz

    sekedar nambahin klo mau nyari lagu lagu jepang yang enak tonton aja film film jepang dahtu pasti ketemu lagu lagu jepang yang enak tapi band nnya gak terkenal seperti film Crows Zero..

  45. Gilang says:

    SID keren gan. dengerin aja yg rain

  46. Anonymous says:

    gan, L'Arc~en~Ciel ama Scandal mana gan?

  47. mantep-mantep nih, klo ane sekarang lagi seneng One Ok Rock, tapi laruku juga tetap dihati hehe, waktu jaman death note lagi booming juga sempet demen naitomea hehe, untuk yg band2 jadul janne da arc, x-japan, ama luna sea masih suka ane setel juga, mantep2 sih lagunya :D

  48. Unknown says:

    One ok rock
    Coba aja play Deeper Deeper ama Wherever You Are
    Ane jamin ente lgsg dbikin klepek2

  49. Unknown says:

    mana nih lagu metalnya? :v

  50. Anonymous says:

    Kalo saya suka Band Fear and Loathing in Las Vegas dengan lagu Just Awake untuk Ed HunterxHunter serta lagu Let Me Hear untuk anime Kiseijuu Sei no Kakuritsu serta lagu2 mereka yang lain seperti Abyss

  51. Unknown says:

    Referensi aja, ONE OK ROCK ( The Begining, Wherever You are) , UVERworld (The Over, SHamrock) , UNLIMITS (Cascade, Yokaze Drive) , Supercell (My Dearest, Perfect Day, The Bravery)

  52. Vic says:

    ONE OK ROCK & LARC EN CIEL padahal lagunya enak klo di puter ulang2

  53. Unknown says:

    ONE OK ROCK keren loh dan juga cobadeh lagu2 dari mr.children

  54. Unknown says:

    ONE OK ROCK keren loh dan juga cobadeh lagu2 dari mr.children

  55. Unknown says:

    Kalo ane sih udeh stuck di Diru dari smp, makanya apa apa yang berbau musik selalu saya bandingin ama diru, dan dirulah yang menang 😄🙌✌

  56. Unknown says:

    Kalo ane sih udeh stuck di Diru dari smp, makanya apa apa yang berbau musik selalu saya bandingin ama diru, dan dirulah yang menang 😄🙌✌

  57. Anonymous says:

    ONE OK ROCK kok nggak masuk?

  58. Unknown says:

    Seharusnya yang peringkat 1. One ok rock
    2. The gazette
    3. ElleGarden
    4. Coldrain
    5. Man with a mission
    6. Deluhi
    Nah habistu terserah deh mau siapa

  59. Unknown says:

    Ajee gile larc en ciel kgak masuk ._.

  60. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

  61. Unknown says:

    One Ok Rock nya mana?

  62. Unknown says:

    one ok rock gk masuk ya.... sayang banget

  63. Lebayman says:

    Sayang sekali gak ada Malice Mizer

  64. Pak Eko says:

    Sejauh ini band yang musiknya ane suka:
    1. X Japan
    2. Stereopony
    3. Ikimoni Gakari

  65. Pak Eko says:

    Dan juga Girl Grup korea rasa japan rock Dreamcatcher, mantul musiknya.Untuk popnya Gfriend. Untuk R&B nya Exid. Untuk Vocalnya Mamamoo, terutama single terbarunya.

  66. Rian says:

    Ts pekok
    One ok rock
    L'Arc-en-ciel
    Mana

  67. Rian says:

    Halo buat kalian semua ini pendapat dia aja ya kalo sebenernya menurut survey yang ada gak ada yang menduduki posisi pertama
    Btw gw sebutin ya
    Ini mnurut surver orang jepang
    L'Arc-en-ciel
    sid
    Dir en grey
    One ok rock
    Varsiales
    Spyair
    The gezette
    Asian kungfu generation
    Sekai no owari
    Flow
    Uverworld
    Do as infinity
    X japan

    Mnurut pendapat orang jepang dan orang orang dari negara lain ini
    Karena penjualan album nya sukses dinilai dari segi konser penonton nya juga buanyak
    Gak bisa disebut ini no 1 ini no 2
    Karena semua yang di list yang gw tulis penjualan ticket tour nya sekses ssmua

    Kek uverworld di tahun 2016 kalo gak salah menjadi band paling populer di jepang
    Dan sekai no owari 2017 menjadi band palinv populer di jepang karena pernah manggung di nissan stadium(stadium terbesar di jepang)
    Trus one ok rock dari 2014 sampe sekarang udah sukses sampe ke dunia
    Tour nya di taiwan sukses di singapore suksss juga
    Terus laruku juga gak kalah bagus dinobatkan sebagai band yang paling panjang tour nya dalam sejarah single gila juga bagus bagus banget.
    The gezzete icon visual kei jepang terpopuler se dunia sering di undang ke eropa,amerika.
    Dan x japan legenda musik japan yang di akau dunia yoshiki dalam membuat lagu sangatlah pintar nih band emang bagus banget lagu balad nya gila emang sedih banget.
    Btw banyak yang gak gw sebutkn faktanya karena emang panjang banget

    Btw kalo yang di postingan ts ini mnurut dia aja kalo yang saya sebutain menurut fakta orang jepang dan luar negeri
    Terima kasih

  68. Rian says:

    Sebenernya masuk one ok rock masuk teratas karena ts ping cumn taunya yang dia suka doank juga paling dari opening anime

  69. Rian says:

    Halo buat kalian semua ini pendapat dia aja ya kalo sebenernya menurut survey yang ada gak ada yang menduduki posisi pertama
    Btw gw sebutin ya
    Ini mnurut surver orang jepang
    L'Arc-en-ciel
    sid
    Dir en grey
    One ok rock
    Varsiales
    Spyair
    The gezette
    Asian kungfu generation
    Sekai no owari
    Flow
    Uverworld
    Do as infinity
    X japan

    Mnurut pendapat orang jepang dan orang orang dari negara lain ini
    Karena penjualan album nya sukses dinilai dari segi konser penonton nya juga buanyak
    Gak bisa disebut ini no 1 ini no 2
    Karena semua yang di list yang gw tulis penjualan ticket tour nya sekses ssmua

    Kek uverworld di tahun 2016 kalo gak salah menjadi band paling populer di jepang
    Dan sekai no owari 2017 menjadi band palinv populer di jepang karena pernah manggung di nissan stadium(stadium terbesar di jepang)
    Trus one ok rock dari 2014 sampe sekarang udah sukses sampe ke dunia
    Tour nya di taiwan sukses di singapore suksss juga
    Terus laruku juga gak kalah bagus dinobatkan sebagai band yang paling panjang tour nya dalam sejarah single gila juga bagus bagus banget.
    The gezzete icon visual kei jepang terpopuler se dunia sering di undang ke eropa,amerika.
    Dan x japan legenda musik japan yang di akau dunia yoshiki dalam membuat lagu sangatlah pintar nih band emang bagus banget lagu balad nya gila emang sedih banget.
    Btw banyak yang gak gw sebutkn faktanya karena emang panjang banget

    Btw kalo yang di postingan ts ini mnurut dia aja kalo yang saya sebutain menurut fakta orang jepang dan luar negeri
    Terima kasih

  70. Rian says:

    Sebenernya masuk cumn ts aja paling yang bel nyoba laruku dia kata gak cocok orang musiknya aja gak terlalu keras dan enak di dengerin
    Halo buat kalian semua ini pendapat dia aja ya kalo sebenernya menurut survey yang ada gak ada yang menduduki posisi pertama
    Btw gw sebutin ya
    Ini mnurut surver orang jepang
    L'Arc-en-ciel
    sid
    Dir en grey
    One ok rock
    Varsiales
    Spyair
    The gezette
    Asian kungfu generation
    Sekai no owari
    Flow
    Uverworld
    Do as infinity
    X japan

    Mnurut pendapat orang jepang dan orang orang dari negara lain ini
    Karena penjualan album nya sukses dinilai dari segi konser penonton nya juga buanyak
    Gak bisa disebut ini no 1 ini no 2
    Karena semua yang di list yang gw tulis penjualan ticket tour nya sekses ssmua

    Kek uverworld di tahun 2016 kalo gak salah menjadi band paling populer di jepang
    Dan sekai no owari 2017 menjadi band palinv populer di jepang karena pernah manggung di nissan stadium(stadium terbesar di jepang)
    Trus one ok rock dari 2014 sampe sekarang udah sukses sampe ke dunia
    Tour nya di taiwan sukses di singapore suksss juga
    Terus laruku juga gak kalah bagus dinobatkan sebagai band yang paling panjang tour nya dalam sejarah single gila juga bagus bagus banget.
    The gezzete icon visual kei jepang terpopuler se dunia sering di undang ke eropa,amerika.
    Dan x japan legenda musik japan yang di akau dunia yoshiki dalam membuat lagu sangatlah pintar nih band emang bagus banget lagu balad nya gila emang sedih banget.
    Btw banyak yang gak gw sebutkn faktanya karena emang panjang banget

    Btw kalo yang di postingan ts ini mnurut dia aja kalo yang saya sebutain menurut fakta orang jepang dan luar negeri
    Terima kasih

  71. Rian says:

    Halo buat kalian semua ini pendapat dia aja ya kalo sebenernya menurut survey yang ada gak ada yang menduduki posisi pertama
    Btw gw sebutin ya
    Ini mnurut surver orang jepang
    L'Arc-en-ciel
    sid
    Dir en grey
    One ok rock
    Varsiales
    Spyair
    The gezette
    Asian kungfu generation
    Sekai no owari
    Flow
    Uverworld
    Do as infinity
    X japan

    Mnurut pendapat orang jepang dan orang orang dari negara lain ini
    Karena penjualan album nya sukses dinilai dari segi konser penonton nya juga buanyak
    Gak bisa disebut ini no 1 ini no 2
    Karena semua yang di list yang gw tulis penjualan ticket tour nya sekses ssmua

    Kek uverworld di tahun 2016 kalo gak salah menjadi band paling populer di jepang
    Dan sekai no owari 2017 menjadi band palinv populer di jepang karena pernah manggung di nissan stadium(stadium terbesar di jepang)
    Trus one ok rock dari 2014 sampe sekarang udah sukses sampe ke dunia
    Tour nya di taiwan sukses di singapore suksss juga
    Terus laruku juga gak kalah bagus dinobatkan sebagai band yang paling panjang tour nya dalam sejarah single gila juga bagus bagus banget.
    The gezzete icon visual kei jepang terpopuler se dunia sering di undang ke eropa,amerika.
    Dan x japan legenda musik japan yang di akau dunia yoshiki dalam membuat lagu sangatlah pintar nih band emang bagus banget lagu balad nya gila emang sedih banget.
    Btw banyak yang gak gw sebutkn faktanya karena emang panjang banget

    Btw kalo yang di postingan ts ini mnurut dia aja kalo yang saya sebutain menurut fakta orang jepang dan luar negeri
    Terima kasih

  72. Rian says:

    Halo buat kalian semua ini pendapat dia aja ya kalo sebenernya menurut survey yang ada gak ada yang menduduki posisi pertama
    Btw gw sebutin ya
    Ini mnurut surver orang jepang
    L'Arc-en-ciel
    sid
    Dir en grey
    One ok rock
    Varsiales
    Spyair
    The gezette
    Asian kungfu generation
    Sekai no owari
    Flow
    Uverworld
    Do as infinity
    X japan

    Mnurut pendapat orang jepang dan orang orang dari negara lain ini
    Karena penjualan album nya sukses dinilai dari segi konser penonton nya juga buanyak
    Gak bisa disebut ini no 1 ini no 2
    Karena semua yang di list yang gw tulis penjualan ticket tour nya sekses ssmua

    Kek uverworld di tahun 2016 kalo gak salah menjadi band paling populer di jepang
    Dan sekai no owari 2017 menjadi band palinv populer di jepang karena pernah manggung di nissan stadium(stadium terbesar di jepang)
    Trus one ok rock dari 2014 sampe sekarang udah sukses sampe ke dunia
    Tour nya di taiwan sukses di singapore suksss juga
    Terus laruku juga gak kalah bagus dinobatkan sebagai band yang paling panjang tour nya dalam sejarah single gila juga bagus bagus banget.
    The gezzete icon visual kei jepang terpopuler se dunia sering di undang ke eropa,amerika.
    Dan x japan legenda musik japan yang di akau dunia yoshiki dalam membuat lagu sangatlah pintar nih band emang bagus banget lagu balad nya gila emang sedih banget.
    Btw banyak yang gak gw sebutkn faktanya karena emang panjang banget

    Btw kalo yang di postingan ts ini mnurut dia aja kalo yang saya sebutain menurut fakta orang jepang dan luar negeri
    Terima kasih

  73. Rian says:

    Halo buat kalian semua ini pendapat dia aja ya kalo sebenernya menurut survey yang ada gak ada yang menduduki posisi pertama
    Btw gw sebutin ya
    Ini mnurut surver orang jepang
    L'Arc-en-ciel
    sid
    Dir en grey
    One ok rock
    Varsiales
    Spyair
    The gezette
    Asian kungfu generation
    Sekai no owari
    Flow
    Uverworld
    Do as infinity
    X japan

    Mnurut pendapat orang jepang dan orang orang dari negara lain ini
    Karena penjualan album nya sukses dinilai dari segi konser penonton nya juga buanyak
    Gak bisa disebut ini no 1 ini no 2
    Karena semua yang di list yang gw tulis penjualan ticket tour nya sekses ssmua

    Kek uverworld di tahun 2016 kalo gak salah menjadi band paling populer di jepang
    Dan sekai no owari 2017 menjadi band palinv populer di jepang karena pernah manggung di nissan stadium(stadium terbesar di jepang)
    Trus one ok rock dari 2014 sampe sekarang udah sukses sampe ke dunia
    Tour nya di taiwan sukses di singapore suksss juga
    Terus laruku juga gak kalah bagus dinobatkan sebagai band yang paling panjang tour nya dalam sejarah single gila juga bagus bagus banget.
    The gezzete icon visual kei jepang terpopuler se dunia sering di undang ke eropa,amerika.
    Dan x japan legenda musik japan yang di akau dunia yoshiki dalam membuat lagu sangatlah pintar nih band emang bagus banget lagu balad nya gila emang sedih banget.
    Btw banyak yang gak gw sebutkn faktanya karena emang panjang banget

    Btw kalo yang di postingan ts ini mnurut dia aja kalo yang saya sebutain menurut fakta orang jepang dan luar negeri
    Terima kasih

  74. Rian says:

    Halo buat kalian semua ini pendapat dia aja ya kalo sebenernya menurut survey yang ada gak ada yang menduduki posisi pertama
    Btw gw sebutin ya
    Ini mnurut surver orang jepang
    L'Arc-en-ciel
    sid
    Dir en grey
    One ok rock
    Varsiales
    Spyair
    The gezette
    Asian kungfu generation
    Sekai no owari
    Flow
    Uverworld
    Do as infinity
    X japan

    Mnurut pendapat orang jepang dan orang orang dari negara lain ini
    Karena penjualan album nya sukses dinilai dari segi konser penonton nya juga buanyak
    Gak bisa disebut ini no 1 ini no 2
    Karena semua yang di list yang gw tulis penjualan ticket tour nya sekses ssmua

    Kek uverworld di tahun 2016 kalo gak salah menjadi band paling populer di jepang
    Dan sekai no owari 2017 menjadi band palinv populer di jepang karena pernah manggung di nissan stadium(stadium terbesar di jepang)
    Trus one ok rock dari 2014 sampe sekarang udah sukses sampe ke dunia
    Tour nya di taiwan sukses di singapore suksss juga
    Terus laruku juga gak kalah bagus dinobatkan sebagai band yang paling panjang tour nya dalam sejarah single gila juga bagus bagus banget.
    The gezzete icon visual kei jepang terpopuler se dunia sering di undang ke eropa,amerika.
    Dan x japan legenda musik japan yang di akau dunia yoshiki dalam membuat lagu sangatlah pintar nih band emang bagus banget lagu balad nya gila emang sedih banget.
    Btw banyak yang gak gw sebutkn faktanya karena emang panjang banget

    Btw kalo yang di postingan ts ini mnurut dia aja kalo yang saya sebutain menurut fakta orang jepang dan luar negeri
    Terima kasih

Leave A Comment

Popular Posts

Nihayatun Ni'mah, 2013. Powered by Blogger.

Followers